Saturday, August 15, 2020

Assembly SDR Transceiver - SoftRock RXTX Ensemble Transceiver Kit

Masih Dalam Rangka HUT ORARI ke-52 SEMUA BERGERAK SEMUA TERLIBAT, beginilah penampakan dari SDR Transceiver Softrock yang melegendaris, order langsung dari US, dimensi PCB dan kompenen yang ada di dalam paket product-nya.





Soldering secara lengkap dapat dilihat di website http://www.wb5rvz.org/ensemble_rxtx/index?projectId=14 , sangat menbantu untuk step by step installation dan testing-nya.

Sebelumnya untuk Skema Rangkaian secara lengkap ada dibawah ini :


Modul yang tersolder pertama kali adalah regulator dan local oscillator, butuh skill soldering SMD karena dibalik board semua IC package-nya adalah SMD.




sampai sejauh ini proses soldering dan testing tidak mengalami hambatan yang berarti, testing dengan software CFGSR untuk melakukan testing Local Oscillator via USB Port.

setelah memastikan Lokal Oscillator bisa berkomunikasi dengan PC dan Frekwensinya bisa keluar sesuai dengan yang diinginkan melanjutkan ke modul yang didepan-nya, dalam hal ini saya langsung merakit secara keseluruhan untuk memudahkan pekerjaan solder mensolder-nya.





Hal yang perlu diperhatikan adalah melilit toroid, beberapa menggunakan bifilar berpilin sehingga musti hati-hati dalam proses melilit toroid dan bonicular toroid-nya. Hati-hati ada 2 jenis binocular toroid yang berbeda(binucular mengkilap dan doff).




 penampakan inductor toroid yang sudah terpasang 




TESTING .............................................



TO BE CONTINUED



No comments: