Monday, August 17, 2020

Menjadi World Class Amateur Radio

 


Dari judulnya membuat kita bangga dengan pencapaian kita kedepan nantinya, World Class Amateur, apa saja yang musti kita lakukan :

  1. Mempunyai Radio Transceiver yang bekerja pada Band Amatir Radio tentunya, bisa Radio BuildUp maupun Rakitan(Homebrew, BITX dll)
  2. Power Transmit dari Radio Transceiver disesuaikan dengan standard peraturan yang sudah ditentukan.
  3. Pastikan daya pancar kita tidak mengganggu komunikasi pada rentang frekwensi yang lainnya(interferensi tetangga) khususnya untuk Radio Transceiver Rakitan atau modifikasi.
  4. Mempunyai Call Sign ORARI, ini adalah syarat mutlak saat ini karena hanya Callsign ORARI yang saat ini diakui oleh Organisasi Amatir Radio di dunia.
  5. Rentang pita Frekwensi ber-QSO sesuai dengan Standard yang ditentukan oleh pemerintah dan Regulasi Dunia.
  6. Menghafalkan kode-kode dalam komunikasi : Morse, Q Code, Code Alphabet.
  7. berperan aktif dalam kegiatan ORARI dan Masyarakat bila dibutuhkan.
Registrasi beberapa Online Aplikasi Log online di Internet :

a.  QRZ di www.qrz.com, kita harus registrasi detail informasi di QRZ baik data personal, lokasi GRID, ITU Zone, CQ Zone, Longitude-Latidute, IOTA dll

b.   LoTW salah satu destinasi log di ARRL, http://www.arrl.org/tqsl-download melalui aplikasi TQSL dan request registrasi admin TQSL




c.   E-QSL merupakan aplikasi QSL secara otomatis yang akan merecord log QSO kita dan generate QSL Card secara otomatis.


d.  Ultimate AAC mengumpukan semua log Digimode yang sudah kita buat dan melakukan sinkronisasi otomatis dengan beberapa stakeholder Group Digimode Dunia.


Sebelumnya kita musti registrasi di https://epc-mc.eu/ dan download Aplikasi Ultimate AAC untuk melihat progress award dari log yang sudah kita upload. 



e.    N1MM+ merupakan aplikasi log manual standalone yang wajib kita install di PC kita untuk record log QSO dan ADIF files dari log yang sudah kita buat dapat kita export ke semua aplikasi log online di internet.


bentuk konfirmasi dari QRZ dan LoTW dapat disinkronkan berupa tanda bintang dalam lingkaran hijau seperti dibawah ini.
 

dari beberapa fasilitas diatas ada yang FREE untuk basic membership dan berbayar untuk fitur-fitur tambahan yang ingin kita capai, semua tergantung kemudahan yang ingin kita dapatkan.... Good Luck & 73.

No comments: