Saturday, August 15, 2020

DIY FT8 Digimode Interface (2)


Orari 52 Tahun, Semua Bergerak Semua Terlibat

Saat ini lagi trending FT8 - Digimode, dimana dengan digimode kita bisa menjangkau QSO dengan sesama Amateur Radio Nasional bahkan International, dan kemudahan dari Digimode ini kita bisa otomatis melakukan loging QSO kita dengan akun di QRZ ataupun akun LoTW.

Hal ini agak sulit apabila kita menggunakan Phone Mode, dimana tidak jarang lawan QSO kita tidak di depan komputer sehingga log yang kita lakukan seringkali tidak mendapatkan konfirmasi.

Diatas adalah skema yang saya gunakan, banyak varian Digimode interface yang beredar di internet, semuanya bisa kita gunakan, salah satu option saya memilih rangkaian diatas karena radio juga cocok dengan design diatas, selain itu juga ada optocoupler yang menjamin tidak ada interferensi langsung dari komputer terhadap perangkat radio(lebih aman0.

beberapa varian rangkaian digimode yang bisa Anda coba 

ada juga yang 

semuanya bisa kita pakai sesuai dengan selera kita, tuning terhadap beberapa komponen R bisa kita lakukan(jika kita pandang perlu).

untuk komputer/laptop yang baru port serial sudah jarang ditemukan, bisa menggunakan USB to Serial merk Aten seperti dibawah ini, dengan extender DB9 to DB9 untuk memudahkannya.

Bentuk jadi setelah tersolder kurang lebih seperti dibawah ini 





bagaimana interkoneksi dengan PC dan software apa yang digunakan ?


bagaimana yang ke Pesawat Transceiver-nya


software yang dipakai apa?
bisa JTDX ataupun WSJTX, dibawah ini penampakannya


dibawah ini untuk report penampakan signal RX dari radio di seluruh dunia yang sudah ter-transmit oleh pesawat dengan grid location OI62hq dengan power output 35watt.



setelah dilakukan installasi dan interkoneksi dengan PC jangan lupa memasukkan callsign dan Grid area pada Setting JTDX, selamat ber QSO.












2 comments:

Bandoro said...

Sesuatu yg pantas untuk ditiru

Anonymous said...

Ampoh om redy