Monday, October 1, 2018

Digimode(Digital Mode) pada BITX

Akhir-nya punya kesempatan untuk mencoba Digimode pada BITX setelah browsing-broswing mencari literatur untuk membuat interface digital mode pada perangkat jadul, skema yang saya buat sebagai-berikut :

sumber gambar berasal dari www.cqrlog.com

saya rangkai berdasarkan kebutuhan saja(tidak semuanya kita rakit), saat ini masih RX modul saja. Tetapi untuk TX mode semuanya sudah saya persiapkan tinggal menunggu IAR(Ijin Amateur Radio) muncul saja.



Modul Optocoupler untuk trigger PTT bisa mempergunakan yang sudah jadi di markt online, relay module 1 channel.



komponen yang digunakan hanya Trafo Impedansi 600 Ohm, bisa menggunakan bekas trafo IT191 atau trafo audio 1:1, beserta R 1K2 dan Potensio(trimpot) 10KOhm, untuk Software pada PC yang digunakan adalah WSJT-X v1.9.1 atau download yang terbaru dan jangan lupa Software nettime untuk sinkronisasi waktu dengan server NTP yang sudah disediakan.


attach adalah gambar interkoneksi BITX, Digimode Interface dan Interkoneksi dengan Port Mic pada PC.

Hal yang harus diperhatikan pada saat pertama kali install dan tuning Digimode pada BITX adalah :
1. install aplikasi WSJT-X
2. install nettime dan lakukan synchronize waktu antara PC kita dengan server
3. setting Freq pada BITX di 7.074MHz dan mode USB, karena default Si5351 adalah pada LSB untuk 40m saya lakukan sedikit tuning pada Freq BFO agar bisa masuk ke USB.
4. interkoneksi speaker out masuk ke rangkaian Digimode(trafo impedance 1:1) dan pada sisi sebelah dari trafo kita connect ke mic in pada PC(untuk mode RX yang saya buat, yang lain menyusul)
5. running WSJT-X .... text decode akan muncul semua-nya


berikut adalah penampilan dari komunikasi Digital Mode pada radio HF dengan mode FT8, tidak hanya komunikasi ORARI lokal saja yang dapat kita monitor dari sesama amateur radio internasional pun bisa kita monitor.


6. SELAMAT MENCOBA, semoga BERHASIL.

2 comments:

Ali said...

Jadi ingat jaman doeloe. Keren mainannya, jadi kepingin....hehe

Redy Wibisono said...

yups benar, jaman masih modem 28Kbps menggunakan BBS - chat text